Berita terbaru Podomoro Park Bandung  BACK TO NEWS

Simak 4 Tips Beli Rumah Pertama buat Milenial

Membeli rumah bukanlah hal yang mudah. Berbeda dengan membeli barang pada umumnya seperti mobil atau emas, dalam membeli rumah Anda dituntut untuk memperhatikan banyak hal mulai dari lokasi, fasilitas, prospek investasi rumah di masa mendatang hingga urusan harga. Terlebih, bagi mereka calon pembeli rumah pertama dari kalangan usia produktif (milenial). 

Berbicara mengenai milenial, tahukah Anda ternyata banyak milenial yang lebih tertarik untuk membeli rumah daripada apartemen. Hal tersebut dapat terlihat dari data jumlah pengunjung Lamudi.co.id pada kuartal 1 tahun 2021, lebih dari 70% pengunjung Lamudi di usia antara 25 hingga 41 tahun tertarik untuk membeli rumah daripada apartemen. 

Sulit dipungkiri bahwa memang rumah masih menjadi properti favorit pencari hunian selain apartemen. Faktor kenyamanan seperti luas rumah yang cukup besar jika dibandingkan dengan unit apartemen menjadi pertimbangan masyarakat.  

Nah, bagi Anda para milenial yang saat ini berencana untuk membeli rumah pertama, berikut ini adalah 4 tips yang bisa dilakukan.     

Tentukan Jangka Waktu KPR 

Menggunakan skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR) memang menjadi cara yang paling populer digunakan oleh masyarakat ketika ingin membeli rumah. Cara ini dianggap sangat ampuh terutama untuk mereka yang memiliki keterbatasan dana membeli hunian dengan cara tunai. 

Meskipun begitu tetap harus disesuaikan dengan kemampuan Anda. Hal tersebut supaya terasa lebih ringan saat mencicil setiap bulannya. Jangka waktu KPR yang panjang mengharuskan Anda untuk konsisten dalam pembayaran.

Buat Rekening Khusus

Inilah tips beli rumah pertama buat milenial yang tidak kalah penting, yaitu pembuatan rekening khusus. Tujuannya agar pengeluaran dan pemasukan uang tidak bercampur dengan berbagai keperluan lain. 

Terlebih, bila Anda menabung bersama pasangan, rekening baru ini dapat menjadi ‘wadah’ untuk alokasi uang tabungan bersama yang difokuskan untuk keperluan membeli rumah. 

Cari Rumah dengan Promo DP Ringan atau KPR Terjangkau

Setelah rekening khusus pembelian rumah sudah terkumpul, mulailah mencari rumah idaman dengan kemudahan cara bayar. DP (Down Payment) atau uang muka merupakan sebuah langkah awal dari pembelian properti, tidak terkecuali rumah. 

Membayar DP dapat membantu Anda bisa melunasi pembayaran dengan lebih cepat. Jumlah uang muka pembelian rumah yang tidak terlampau besar atau dapat dicicil merupakan salah satu tips yang cocok bagi milenial. Carilah pengembang yang melakukan promo rumah DP ringan atau bisa dicicil. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengeluarkan uang dengan jumlah besar dalam satu waktu. 

Perhatikan Prospek dan Lokasi Rumah

Rumah bisa menjadi investasi di masa datang dan juga bisa menjadi passive income jika disewakan.  Anda bisa melihat prospek rumah tersebut dimasa datang misalnya seperti apakah bisa dijadikan peluang usaha atau tidak.

Selain prospek, lokasi rumah tidak kalah penting. Idealnya lokasi dekat dengan jarak aktivitas keseharian Anda. Pastikan juga lokasi bebas dari banjir, tanah longsor dengan mencari info kejadian 10 tahun terakhir. Akses kendaraan umum juga harus diperhatikan.

Berbicara mengenai rumah pertama buat milenial, tidak ada salahnya bila Anda melirik unit rumah di Metland Transyogi Cibubur. Merupakan kawasan Residential Prestisius berkonsep Humanis Green Environment di Cibubur. 

Menawarkan kenyamanan layaknya kota mandiri dengan berbagai fasilitas publik yang sangat lengkap untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun hiburan. Seperti adanya Metropolitan Mall Cileungsi, McDonalds, Burger King, Taman Buah Mekarsari, Water Kingdom Mekarsari, Metland Bike Track, clubhousesport club, Waterland, RS. Hermina, Kantor Kecamatan Cileungsi, Sekolah Regina Caeli, Metland School, pusat bisnis dan pilihan tempat kuliner lainnya yang berada di dalam perumahan 

Lokasi Metland Transyogi Cibubur dekat dengan akses Pintu Tol Cibubur dan Pintu Tol Jatikarya, memberi kemudahan bagi Anda yang bermobilisasi menggunakan kendaraan pribadi. Saat ini juga terdapat pembangunan di koridor Timur Jakarta yaitu jalan tol Cimanggis - Cibitung yang akan terhubung dengan Jalan Tol Jagorawi dan Tol JORR 2 (TB Simatupang) serta Tol Jakarta Outer Ring Road atau JORR W2 ke Bandara Internasional Soekarno Hatta. 

Soal prospek dan lokasi tentunya tidak perlu diragukan lagi. Bagi pengguna transportasi umum pun tidak perlu khawatir, di dekat kawasan perumahan Metland Transyogi Cibubur terdapat Terminal Cileungsi yang dapat mengakomodasi perjalanan Anda. 

Ada beberapa cluster yang ditawarkan disini, pertama ada Cluster Sierra. Di cluster ini, Anda dapat menemukan 4 tipe rumah : Lilac, Gooseberry, Nevadense dan Oregon. Masing-masing tipe rumah menawarkan berbagai luas bangunan mulai dari 40 m2 - 69 m2, 2 atau 3 kamar tidur, 1 atau 2 kamar mandi dan area parkir. 

Selanjutnya Cluster Eboni, terdapat 4 tipe rumah yaitu Aghatis, Casuarina, Foster dan Hazel. Disini, luas bangunannya beragam mulai dari 63 m2 hingga 92 m2 dengan jumlah kamar tidur dan kamar mandi mencapai 2 hingga 3 kamar per rumah. Hunian 2 lantai yang pas untuk milenial.

Cluster Auckland dengan pilihan tipe rumah: Cardrona 6M, Cardrona 6L, Goldsmith 7M, Goldsmith 7L, Luxmore 7M, Luxmore 7XL, Westfield A dan Westfield B. Selanjutnya ada cluster Auckland yang seluruh tipe rumahnya memiliki bangunan 2 lantai 3 kamar tidur dengan fasilitas dalam cluster yang eksklusif seperti adanya swimming pool cluster facility.

Terbaru ada cluster Tuscany rumah 2 lantai 3 kamar tidur di kawasan elit Cibubur ini menawarkan 2 tipe hunian yaitu LT/LB = 72/59 dan LT/LB = 66/59. Dengan pintu dan jendela “See-through” sehingga ruang demi ruang terkesan menyatu. Kamar bawah dan taman belakang yang multi-fungsi. Harga dibanderol mulai Rp 800 juta-an.