Berita terbaru Podomoro Park Bandung  BACK TO NEWS

Rumah di Cibubur Bisa Jadi Investasi Menarik bagi Milenial?

Tidak hanya dibutuhkan sebagai hunian, rumah sejak lama juga dikenal sebagai instrumen investasi. Jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya seperti saham, deposito, atau crypto (uang digital) yang akhir-akhir ini booming di masyarakat, investasi rumah dinilai lebih aman dan lebih menjanjikan. 

Investasi properti bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk untuk kalangan milenial. Usia milenial yang tergolong masih muda dan produktif membuat mereka sangat layak menjadi investor dan berpeluang besar untuk disetujui oleh Bank jika akan mengajukan KPR. Apalagi saat ini banyak produk hunian yang ditawarkan dengan berbagai promo menarik seperti DP 0% dari program pemerintah hingga tawaran cicilan ringan dari developer sehingga membuat investasi di bidang properti perumahan pun menjadi semakin mudah dilakukan. 

Menelisik data dari portal properti Lamudi.co.id, sepanjang kuartal pertama 2021 ternyata 70% generasi milenial mengaku lebih tertarik untuk membeli rumah daripada apartemen melalui daring. Rentan umur milenial tersebut berkisar antara 25 hingga 41 tahun. Data tersebut mengindikasikan ketertarikan milenial terhadap rumah. 

Ada banyak sekali keunggulan yang ditawarkan untuk investasi rumah, misalnya jika dilihat dari tren penjualan properti di tahun 2021 ini yang terus meningkat. Berdasarkan data dari portal properti Lamudi.co.id, peningkatan penjualan mencapai 42% setiap bulan. Sehingga, tepat sekali dikatakan bila investasi rumah adalah salah satu instrumen yang aman dilakukan meski di masa pandemi. 

Sebelum berinvestasi, milenial harus cari tahu lebih dalam mengenai 4 hal ini. Yuk simak bareng ada apa saja!

Cek Lokasi, Fasilitas dan Akses Rumah

Semakin strategis lokasi rumah yang ingin dibeli, minat masyarakat terhadap pembelian maupun penyewaan rumah akan semakin besar. Kriteria lokasi rumah yang strategis antara lain dekat dengan area perkantoran, rumah sakit, pusat pendidikan dan pusat perbelanjaan. Tidak hanya lokasi, keberadaan fasilitas rumah ternyata juga dapat mempengaruhi harga jual rumah, semakin lengkap fasilitas yang ada di rumah tersebut bisa meningkatkan harga jual. Dan yang tidak kalah penting adalah akses untuk membantu mobilitas calon pembeli atau penyewa rumah. Pastikan membeli rumah di daerah yang mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi seperti tersedianya akses tol serta transportasi umum 24 jam.

Tentukan Target Pembeli/Penyewa Rumah

Selanjutnya, Anda harus menentukan target pembeli atau penyewa rumah yang kelak Anda investasikan. Pilih segmen pasar yang luas dengan kemampuan daya beli yang cukup. Ini salah satu tips yang penting sekali dilakukan ketika ingin investasi rumah karena penentuan target konsumen akan menentukan produk hunian yang Anda akan beli. Misalnya, jika target pembeli/penyewa adalah keluarga atau pasangan muda, maka memilih hunian di lokasi strategis dan punya akses mudah adalah hal utama untuk menunjang mobilitas mereka yang cenderung tinggi dan produktif.

Pastikan Kawasan Sekitar Rumah Memiliki Fasilitas Publik

Rumah yang dekat dengan fasilitas publik menjadi idaman banyak orang. Tanpa perlu menempuh jarak jauh, berbagai kebutuhan sehari-hari dapat terpenuhi mulai dari pusat perbelanjaan dan pendidikan, rumah ibadah, hingga fasilitas pelayanan kesehatan seperti klinik atau rumah sakit. Kawasan pusat bisnis dapat menjadi salah satu pertimbangan Anda dalam memilih lokasi rumah strategis untuk investasi. Berada dekat pusat bisnis seperti kompleks perkantoran, pertokoan dan bank sama halnya seperti memberi kemudahan dalam mobilitas kala menjalankan kegiatan perekonomian sehingga tidak perlu menghabiskan waktu terlalu lama di perjalanan.

Buat Skema Perhitungan Harga Sewa dan Jual Rumah

Agar tidak mematok harga sewa dan jual rumah yang terlalu tinggi atau terlalu murah, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, misalnya melihat berdasarkan harga pasaran, atau berdasarkan perhitungan NJOP dengan rumus harga bangunan + harga luas tanah. Cara lainnya adalah menerapkan skema perhitungan berikut: harga rumah dikalikan capitalization rate (dalam bentuk %). Rata-rata capitalization rate rumah berkisar 3% hingga 5%. Sehingga, jika Anda membeli rumah dengan harga Rp 700 juta, maka rumus yang bisa digunakan adalah Rp 700 juta dikalikan 5% maka harga sewanya adalah Rp 35 juta per tahun. 

Makin tertarik investasi rumah? Jika iya, tidak salahnya jika Anda melirik perumahan di timur Cibubur, Metland Transyogi Cibubur, perumahan berskala kota mandiri, memiliki fasilitas publik yang sangat lengkap. Seperti adanya mall Metropolitan Mall Cileungsi, McDonalds, Burger King, Metland School, Metland Bike Track, clubhousesport club, Waterland, RS. Hermina, Kantor Kecamatan Cileungsi, pusat bisnis dan pilihan tempat kuliner. 

Soal lokasi, perumahan Metland Transyogi Cibubur berada dekat dengan akses Pintu Tol Cibubur dan Pintu Tol Jatikarya. Bahkan, saat ini terdapat pembangunan di koridor Timur Jakarta yaitu jalan tol Cimanggis - Cibitung yang akan terhubung dengan Jalan Tol Jagorawi dan Tol JORR 2 (TB Simatupang) serta Tol Jakarta Outer Ring Road atau JORR W2 ke Bandara Internasional Soekarno Hatta semakin memudahkan akses bagi masyarakat yang tinggal di kawasan perumahan Metland Transyogi Cibubur. 

Terbagi dalam 2 seksi pekerjaan dimana seksi 1 merupakan ruas Cimanggis - Transyogi sepanjang 3,5 km dan seksi 2 adalah Transyogi - Cibitung sepanjang 22,8 km. Setelah pembangunan usai, tol ini akan tersambung dengan sejumlah jalan tol lainnya, yakni Jagorawi, Cinere - Jagorawi. Berada antara dua koridor utama, tentunya lokasi Metland Transyogi Cibubur mudah sekali dijangkau. 

Kalau sebelumnya bicara tentang akses untuk kendaraan pribadi, lokasi perumahan Metland Transyogi Cibubur ini juga mudah sekali diakses dengan transportasi umum. Dengan keberadaan Terminal Cileungsi dan LRT Cibubur yang sedang dalam tahap pembangunan, mobilisasi menuju kawasan Jabodetabek semakin mudah dan efisien. 

Cocok sekali menjadi pilihan milenial berinvestasi rumah karena harga rumah di Cibubur yang ditawarkan terjangkau. Harga rumah di Metland Transyogi dibanderol mulai dari Rp. 800 jutaan dengan pilihan cluster Auckland, cluster Sierra, cluster Eboni dan cluster Sherwood. Temukan berbagai pilihan rumah berdesain 2 lantai.

Dengan pertimbangan lokasi strategis, akses mudah untuk kendaraan pribadi maupun pengguna transportasi massal, fasilitas super lengkap, jangan sampai lewatkan kesempatan memiliki rumah di Cibubur tepatnya di Metland Transyogi Cibubur!