Berita terbaru Podomoro Park Bandung  BACK TO NEWS

4 Cara Dekorasi Balkon Rumah agar Semakin Nyaman

Kerap kali, Anda melupakan desain balkon rumah karena bagian ini bukanlah area utama dari rumah seperti ruang tamu atau kamar tidur misalnya. Tetapi tahukah Anda, memiliki desain balkon rumah yang nyaman dan instagramable juga bisa memberi kesenangan tersendiri bagi pemiliknya. 

Balkon rumah dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk bersantai atau bekerja secara nyaman saat WFH (Work From Home) sehingga tidak perlu repot pergi ke luar rumah, menjadi tempat workout yang nyaman, hingga tempat tenang untuk mencari inspirasi. 

Cari tahu lebih dalam mengenai tips dekorasi balkon rumah agar nyaman dan menarik dengan mengulik artikel berikut ini!

Letakkan Bean Bag

Sumber foto Unsplash

Bean bag adalah kursi tanpa rangka yang berisi styrofoam, biasa dipakai untuk bersantai. Karena diisi oleh styrofoam, maka bean bag dapat mengikuti bentuk tubuh saat digunakan. Bantal ini memiliki banyak bentuk seperti pear, bulat, segitiga dan lain-lain, lumrah ditemukan di cafe atau beach club. Menambahkan bean bag di balkon rumah menambahkan kesan unik sehingga fungsinya tidak hanya sebagai spot relaksasi namun juga representasi dari dekorasi balkon. 

Buat Taman Gantung

Sumber foto Unsplash

Cara yang satu ini cocok sekali bagi Anda yang ingin memanfaatkan balkon semaksimal mungkin dan menjadi semakin menarik. Tidak membutuhkan lahan banyak, cukup pastikan area yang dibuat taman gantung disinari cahaya matahari yang cukup. Dengan begitu, Anda dapat memanfaatkan area dinding untuk dipasangi beragam pilihan tanaman seperti kaktus dan sirih merah, kemudian digantung dalam pot-pot cantik. 

Pilih Tanaman yang Tepat

Sumber foto Unsplash

Agar semakin apik dan sejuk, hias balkon rumah dengan penambahan tanaman hias di sudut-sudutnya. Anda dapat merasakan keasrian suasana bak pedesaan dengan menghias pinggiran balkon menggunakan pot bunga atau tanaman kecil minimalis. Jangan hanya memilih satu jenis tanaman saja, padupadankanlah dengan tanaman-tanaman lain untuk menghadirkan harmonisasi warna nan indah. Kalau suasana balkon asri, olahraga disana akan jadi semakin nyaman, kan?. 

Gunakan Rumput Sintetis

Sumber foto Ingenio Virtual

Untuk menambah nuansa asri yang menyejukkan mata pada balkon rumah Anda, gunakan rumput sintetis. Penggunaan rumput ini amat digemari karena praktis, tidak perlu repot menanamnya atau melakukan perawatan rutin dengan dipangkas atau disiram ya. Kehadiran karpet rumput sintetis membuat suasana balkon rumah menjadi semakin fresh

Bagimana, tertarik mendekorasi balkon rumah? Cara dekorasi balkon tersebut dapat diaplikasikan secara optimal bila Anda membeli rumah yang memiliki area balkon seperti pada hunian 2 lantai seperti di Metland Transyogi Cibubur, tepatnya pada cluster Eboni. 

Inilah sebuah kawasan hunian berlokasi strategis di koridor Timur Jakarta. Fasilitas publik mulai dari Metropolitan Mall Cibubur, McDonalds, Burger King, Metland School, Metland Bike Track, Waterland, RS. Hermina, Kantor Kecamatan Cileungsi, pusat bisnis dan kawasan kuliner semuanya berlokasi dekat dengan perumahan ini. Aksesnya sangat optimal mulai dari Pintu Tol Cibubur, Pintu Tol Jatikarya, Tol Jorr 2, Terminal Cileungsi, LRT Cibubur dan pembangunan tol baru. 

Bicara mengenai cluster Eboni, tersedia 4 tipe rumah yang dapat Anda jumpai Aghatis, Casuarina, Forster dan Hazel dimana masing-masing rumah memiliki spesifikasi luas bangunan dan tanah yang berbeda. Untuk tipe Aghatis, luas bangunannya mencakup 63 m2 dengan 2 kamar tidur, 2 kamar mandi, 2 area parkir, balkon dan area taman belakang. 

Tipe selanjutnya adalah Casuarina yang memiliki spesifikasi ruang lebih banyak dari tipe Agthatis. Rumah berdesain 2 lantai ini luasnya 63 m2 dengan 3 kamar tidur,  2 kamar mandi,  2 area parkir, balkon dan area taman belakang. 

Di tipe ketiga terdapat tipe Forster yang memiliki spesifikasi ruang sama dengan tipe Casuarina namun luas bangunannya lebih luas yakni 65 m2. Tipe rumah terakhir sekaligus terbesar di cluster Eboni adalah tipe Hazel dengan luas bangunan mencapai 92 m2.